Tuesday, May 24, 2011

Ayam Bakar Bumbu Kari

Sekarang ini aq lagi keranjingan masak memasak...sampe kegiatan freelance design agak terabaikan...maafkan aq Mr.Boss >,<"

Kebetulan lagi kangen masakan Indonesia, jadi aku bikin Ayam Bakar Bumbu Kari, abis bumbu kari udah agak lama tidak aku pergunakan...jadinya...mari kita bereksperimen rasa yang lain...



Bahan-bahan yg diperlukan:

- 2 bagian paha ayam dipotong2 lebih kecil
- 1/2 butir Bawang Bombay*
- 1 sdt Serbuk bawang Putih
- 1 sdt Cabe Bubuk
- 1 sdt bumbu Kari (aku pakai bumbu Kari India)
- Garam secukupnya
- Lada Hitam secukupnya
- secubit Oregano
- 1/2 sdm Madu
- 2 sdm minyak goreng
- 2 gelas air kaldu

Cara Membuat:

- Rebus Ayam sampai matang, tiriskan
- Semua bahan-bahan diatas campur kecuali Madu dan dihaluskan
- Siapkan wajan
- masukkan minyak goreng dan tumis bumbu yg dihaluskan tadi sampai berbau harum
- masukkan Ayam yg sudah direbus
- dan masukkan air kaldu bekas rebusan tadi
- masak sampai airnya tinggal 1/2 gelas**
- Pisahkan ayam dengan kuahnya yg sudah mengental
- Ayam siap untuk di bakar

Untuk penyajian:
** Kuah yg sudah mengental tadi bisa di taburkan diatas ayam, tapi aku tambah dengan 1 sdt tomat pasta (berhubung lidah disini doyan yg agak asam), sajikan dengan Nasi hangat Plus Sambal dan Lalapan...disini ternyata ada lalapan juga hanya bentuk sayurannya berbeda kecuali timun ^,^, karena aku dan suamiku doyan wortel, aku jadikan wortel mentah sebagai lalapan...enak...hanya disini aku ga pernah makan pakai sambal...ga ada terasi, jadi ga bisa bikin sambel dadakan ala sunda ~,O"

* Bawang yang aku gunakan adalah bawang Bombay karena ternyata Bawang Merah hanya ada pada musim dingin, dan bawang merahnyapun besar2 seperti bawang bombay

PS: waktu aku gigit ayam itu...wooooow...feel like in Indonesia...xixixi

1 comment:

limingli said...

ارتداء السراويل الجيش، يمكنك أيضا جميلة جدا.